PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI INTERAKTIF BAGI FORUM KOMUNIKASI GURU PURBALINGGA (FKGP)

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu visi dan misi yang menjadi tujuan untuk seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Baik itu perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Tak terkecuali untuk AMIK BSI Purwokerto. Salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan tinggi tersebut adalah Pengabdian kepada Masyarakat.

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) AMIK BSI Purwokerto pada tanggal 20-21 Agustus 2014 menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Animasi Interaktif menggunakan software “Adobe Flash CS5” yang bertempat di Aula UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga. Kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah Anggota Forum Komunikasi Guru Purbalingga (FKGP) dan sebagian jajaran guru di lingkungan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kaligondang. Materi pelatihan disampaikan oleh Bapak Ridho Wijayanto, S.Kom selaku dosen AMIK BSI Purwokerto.

 

Pada hari pertama pelatihan, peserta diajarkan cara untuk menginstal atau menanam program aplikasi Adobe Flash CS5 di laptop masing-masing peserta. Proses ini lumayan memakan waktu yang lama, karena jumlah peserta mencapai 35 orang. Bapak Ridho begitu sabar dalam memberi arahan kepada para peserta pelatihan. Beruntung masing-masing peserta sudah memiliki modul yang di awal kegiatan dibagikan oleh Bapak Ridho.

 

Setelah aplikasi Adobe Flash CS5 sudah tersimpan di masing-masing laptop para peserta, Bapak Ridho mulai mengajarkan dari dasar mengenai materi yang disampaikan. Beliau mengajarkan tentang cara membuat ikan, dari mulai menggambar sampai dengan menggerakkan si ikan. Para peserta yang tadinya belum tahu apa-apa tentang adobe flash cs5, jadi mulai tergerak untuk belajar lebih dalam mengenai software pembuat animasi tersebut di hari kedua. Mereka selalu kritis terhadap materi yang disampaikan, misalnya dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang tentunya dijawab dengan lugas oleh Bapak Ridho sampai dengan berakhirnya pelatihan.

 

Kegiatan pelatihan selama 2 hari itu pun ditutup dengan foto bersama dengan para peserta. Media pembelajaran menggunakan animasi di indonesia sendiri masih jarang karena mahalnya biaya untuk mendapatkannya. Media Animasi dalam pembelajaran bertujuan untuk memaksimalkan efek visual dan memberikan interaksi berkelanjutan sehingga pemahaman bahan ajar meningkat. Media Animasi dalam pembelajaran  memiliki kemampuan untuk dapat memaparkan sesuatu yang rumit atau komplek untuk dijelaskan dengan hanya menggunakan gambar dan kata-kata saja. Dengan kemampuan ini maka media animasi dapat digunakan untuk menjelaskan suatu materi yang secara nyata tidak dapat terlihat oleh mata, dengan cara melakukan visualisasi maka materi yang dijelaskan dapat tergambarkan.

About Eva Argarini Pratama
Dosen AMIK BSI Purwokerto

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*